Melly Kiong adalah seorang anak yang terlahir dari keluarga sangat sederhana di Kalimantan Barat, tepatnya di kota Singkawang. Lika-liku kehidupan yang telah dijalaninya membuat ibu dari Julian dan Matthew ini begitu antusias  memperbaiki diri dan mengubah mindset dalam hidupnya, dan berani keluar dari kemiskinan yang diyakini hanya lewat perjuangan.

Belajar mental ulet dari mamanya tercinta Kiong Sui Tjin sungguh membuat dirinya bercermin dan memutuskan bahwa seoarang wanita harus membekali diri dengan mental juang yang siap dalam menghadapi kondisi apa pun.

Atas dasar semangat itulah Melly Kiong memutuskan untuk menjadi seorang ibu yang bekerja tapi tetap mengedepankan pola pengasuhan yang baik kepada kedua putranya, yang tentunya tak luput dari peran dan support luar biasa dari suami tercinta Tatang Widjaja.

Mengingat pengalaman 21 tahun sebagai ibu yang bekerja di luar rumah, yang membuat beliau begitu yakin bahwa penanaman nilai edukasi yang berkarakter dan punya daya juang yang sangat penting ditanamkan kepada anakanak sejak usia dini. Atas dasar itulah beliau begitu antusias dengan cara menstimulasikan konsep mendidik dari hati dan penuh cinta kepada anakanaknya lewat pembelajaran apa yang ada di alam sekitar,  yang membuat beliau mengkampanyekan  pendidikan rumah dengan nama “Home Education”.

Dan beliau juga menulis buku parenting antara lain “Siapa Bilang Ibu Bekerja Tidak Bisa Mendidik Anak Dengan Baik”,“Cara Kreatif Mendidik Anak ala Melly Kiong” & “Guru-Guru Kecil Melly Kiong”. Beberapa buku lain masih dalam tahap penyelesaian.

Tidak banyak teori, itulah kesan yang ditampilkan oleh seorang Melly Kiong, beliau benar benar adalah seorang praktisi yang telah mengedepankan  praktik di dalam kehidupannya dan yang baik menurut beliau itulah yang akan disampaikan kepada orang lain.

Tidak heran karya beliau mendapat penghargaan MURI sebagai karya pedoman pendidikan bagi ibu ibu di ranah publik agar bisa mendidik dengan baik.
Bahkan karya beliau juga jadi salah satu koleksi di US Embassy.

Tidak muluk impian beliau, hanya ingin menjadi sebatang lilin yang menerangi seribu lilin lainnya.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>