Selamat pagi sobat eMKa yang bahagia, walaupun hujan terus mengguyur, namun BBM sahabatku Ning membuatku harus mengalahkan topik lain untuk di-share.

Silahkan baca link ini, dan renungkan dengan gaya Mindful Parenting, artinya kita lihat sisi positifnya saja.  http://t.co/QpjA1Lny
 
Buat saya pribadi, gambaran seorang anak yang begitu mencintai orangtuanya, anak sekecil itu akan melakukan sesuatu yang tidak masuk akal? Menurut saya itu adalah luapan emosi yang tak terkendalikan lagi, apalagi si anak merasakan dan melihat perjuangan dan cinta ayahnya buat hidup mereka.

Di sini yang perlu kita garis bawahi bahwa anak-anak sangat cerdas dan bisa sangat prihatin. Jika kita membuka komunikasi yang baik tentang apa yang sedang kita hadapi, apa yang kita rasakan sebagai orangtua. Tidak benar kalau anak-anak tidak mengerti orangtua susah, tidak benar jika anak tidak mau peduli. Pertanyaannya, apakah kita membuka ruang untuk mereka masuk dan menumbuhkan rasa peduli anak kita? Ataukah kita selalu berpikir bahwa anak masih kecil dan tidak tahu apa-apa.

Dan alasan anak itu kabur dr penjara adalah “Hanya karena dia kangen sama Ibunya”

Sobat eMKa, betapa anak-anak di mana pun membutuhkan kasih dan perhatiannya dari orangtua, mari ambil hikmatnya dari cerita di atas, bahwa dengan Mindful Parenting kita semua sadar akan hal itu, bukan hanya memberikan gizi makan bagi badannya, tetapi juga harus perhatikan gizi emosinya, berikan pelukan hangat bukan kemarahan, berikan pujian bukan cercaan.

Kita turut memberikan dukungan doa agar Arif mendapatkan kesempatan untuk bertumbuh menjadi anak Indonesia yang baik di kemudian hari. 

Semoga di eMKa Land kita terus belajar dan selalu menjadi orangtua yang sadar serta bisa berempati dengan anakanak, dan membawa anak-anak kita menjadi anak-anak yang bahagia.

Mindful Parenting, solusi untuk generasi Indonesia yang lebih baik.

Salam empati,

Melly Kiong
@mellykiong

Terima kasih kepada sobat Hendry yang dengan ketulusannya membuka blog buat eMKa Land supaya bisa dibaca orangtua sebanyak-banyaknya, dan teman-teman yang bersedia menggunakan PIN BB-nya untuk eMKa Land.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>