Mumpung masih segar dalam ingatan karena barusan nonton film “Ray Charles”, walaupun tidak nonton sepenuhnya tapi cukup mengambil makna filmnya.

Penyanyi lagu “Georgia on My Mind” ternyata punya kisah yang sangat menginspirasi dunia, seorang anak tunanetra yang terpaksa dikirim orangtuanya untuk hidup di panti karena ketidakberdayaan secara ekonomi. Perpisahan yang sangat tidak dikehendaki oleh Ray yang tunanetra, dengan linangan airmata seorang ibu yang mencintai anak berpesan kepada Ray agar “jangan membuat orang menghina dirimu hanya karena kecacatanmu, lakukanlah itu untuk ibu.” Sebuah pesan istimewa yang memberikan semangat seorang Ray kecil sangat berhasil menjadi legenda dunia, dan berhasil menjadi salah satu pejuang dihapuskannya diskriminalisasi di Georgia akibat penolakan beliau tampil dengan kondisi penonton yang terpisah antara kulit hitam dan kulit putih, sampai kena denda dan sanksi dilarang tampil di sana dan sampai pemerintah setempat memohon maaf puluhan tahun kemudian dan memberikan perhargaan atas usaha penghapusan diskriminalisasi di Amerika.

Seorang Ray, dengan keterbatasannya mampu melakukan banyak hal yang berguna bagi hidupnya dan bagi hidup banyak orang.

Dan cinta serta semangat seorang ibu yang selalu yakin akan kekuatan anaknya adalah sumbu semangat yang tak pernah padam.

So… sudahkah kita tumbuhkan rasa percaya diri pada anak kita dengan keyakinan yang sekuat ibunya Ray? Atau apakah kita malah selalu menakutnakuti anak-anak kita?

Mulai yuk belajar dari Ibu Ray. Mindful Parenting mengajak kita untuk selalu belajar dari segala sumber yang ada dengan eling.

Benerkan dalam banjir masih ada semangat yang menyala, kepedulian dari sobat yang terus memberikan informasi tentang no. telpon darurat dan saling menanyakan kabar berita sungguh adalah semangat yang tak boleh padam selamanya.

Salam hujan mengguyur

Smile
Melly Kiong
@melly kiong

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>