Selamat pagi sobat eMKa Land yg berbahagia dan penuh semangat kasih tentunya.

Kemarin di radio D Fm ada beberapa pertanyaan yang sama dari orangtua dari beberapa daerah, tentang anaknya yang suka melawan. 

Mindful Parenting yang mengedepankan cara berempati dengan siapa pun lawan bicara kita. Khusus kepada anak kita sangat bisa melakukannya. Cobalah pindah ke tempat anak, bayangkan kembali apa yg kita telah perlakukan kepada mereka, kira-kira kita akan melakukan perlawanan tidak? Jika tidak, itu adalah solusi buat diskusi dengan anak kalau kita bisa kok melewati cara lain.

Jika iya, kita bs perbaiki diri dan minta maaf sama anak dan berjanji tidak akan melakukannya kembali.
Kita tidak perlu terlalu emosi karena itu sebuah proses yang alami, mengapa kita harus marah? Karena kita sll membandingkan diri kita dengan orangtua kita dulu, maunya kita anak seperti robot, kalau disuruh nurut” Udin mandi!! Iya Ma…”

Tdk bisa lagi sobat, zaman sudah berubah, dalam agama Islam ada kalimat Nabi Muhamad “Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya” dan Gibran juga bilang “Anakmu bukan anakmu, dia hanya lahir darimu dan bukan milikmu” mereka adalah titipan Tuhan, manusia hidup yang punya rasa, punya keinginan, punya emosi. Hargailah mereka dan berikanlah ruang kepadap mereka untuk didengarkan, berikan ruangan kepada mereka untuk berbicara termasuk keluarkan komplainnya.

Bangunlah empati dengan mereka, dan tidak memberikan mereka label sesuai dengan keinginan kita.
Sabtu kita akan tahu bagaiman caranya, apa yang seharusnya kita lakukan sebagai orangtua, bagaimana bertanggung jawabnya diri kita atas mereka selama ini.

Ternyata kesalahan anak bukan kesalahan mereka semata, melainkan kitalah arsitek mereka. Penasaran ‘kan?
Yuk ketemu di hari Sabtu, jgn lupa nuansa penuh cinta, warna dresscode pink buat ibu2 saja, laki-laki bebas.



Salam Smile
Melly Kiong
@mellykiong

 www.emkaland.blogspot.com

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>