25 Februari 2013


Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, saya pribadi masih terasa semangat Sabtu kemarin, banyak yang mau kencing aja tak sudi saking serius mendengarkan ya?? He he he.

Hari ini kita bahas permintaan sahabat kita Elly di Surabaya tentang “Bagaimana memberikan apresiasi dan pujian yang tepat bagi anak kita?”. Dalam Mindful Parenting mengarahkan kepada kesadaran atau eling, yang artinya tidak berlebihan, sesuai dengan porsinya dan harus dipikirkan kemampuan dan resiko jangka panjangnya dan tidak memberikan berdasarkan emosi dendam masa lalu.

Contohnya: anak masih SD dapat juara, masuk 5 besar, lalu kita membelikan HP dengan harga yang cukup mahal dan orangtua gaptech.

Tolong dipikirkan :
– untuk kedepannya jika dia juara lagi maka anak akan minta standard yang lebih tinggi.SIAPKAH?
– dengan fitur secanggih itu kita sebagai orangtua ngertikah? sudah pikirkan efek lainnya yang bisa bebas dibuka anak termasuk tontonan yang belum umurnya?
– apakah kita membelikan sesuatu berdasarkan dendam masa lalu, atau gengsi karena lingkungan sekitar?

Sebenarnya sebagai orangtua wajib memberikan apresiasi kepada anak, tetapi tidak selalu harus dalam bentuk materi, dalam bentuk pelukan dan pujian bahwa betapa bangganya kita memiliki anak seperti mereka, yang mengerti bagaimana mengemban kewajiban sebagai anak. Boleh berikan dalam bentuk hadiah materi, tetapi sesuaikan kondisinya dan tetap eling.
Segala sesuatu yang berlebihan akan memberikan efek yang tidak baik.

Mari kita terus menggali sumber perbaikan yang bisa kita lakukan dari diri sendiri.

EMKa land adalah tempat yang tepat buat kita saling mengisi gelas-gelas pengetahuan untuk menjadi orangtua yang lebih baik tentunya.

Salam
Smile
Melly Kiong
@mellykiong

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>