Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, cuaca boleh mendung tapi semangat jangan ya? Kemarin sahabat baik saya yang seorang kepala sekolah di daerah Jakarta Utara, juga sobat eMKa Land, gusar sekali menumpahkan kekesalan hatinya atas perilaku orangtua dan di ujungnya ada kalimat “Bagaimana tuh menurut Bu Melly kita bisa membangun mental juang anak dan bisa membangun etika anak dengan orangtua yang punya sikap demikian?”

Dan beberapa hari yang lalu ada kasus di sekolah anak-anak seorang ibu yang marah-marah karena tidak diperbolehkan masuk dengan pakaian yang tidak pantas.
Langsung saya bayangkan anak dari orangtua yang marah-marah nggak karuan, bahkan ada yang teriak-teriak. Kira-kira yang harus dihadapi anak itu seperti ini : guru dan kepala sekolah “Kacau ya mamanya si…”, terus orangtua dari teman-teman anak itu paling cerita ke anaknya, “Aduh tadi mama temanmu itu bener-bener keterlaluan, masa teriak-teriak di sekolah”, terus besok teman-temannya bertanya ke anak itu “Emang kemarin mamamu ngamuk-ngamukdi sekolah?”, belum lagi jalan ke kantin “Itu tuh… mamanya anak itu yang ngamuk-ngamuk kemarin.”

Aduh tidak bisa menggambarkan perasaan anak tersebut, harga dirinya rasa malunya semua harus ditanggung oleh anak sekecil itu.  Orangtua selalu merasa anaklah yang harus jaga nama baik orangtua baik-baik, jangan buat malu. Pernahkan orangtua jaga sikap bagaimana tidak mempermalukan anak? Atau bahkan berpikir jaga nama baik anak saja tidak pernah?

Wajar sekali dan sangat wajar karena selama ini banyak orangtua yang merasa lebih berkuasa dan lebih berhak pada anak, peduli amat pada nama baik dan perasaannya.
Sobat orangtua, semua yang overitu tidak baik, ada orangtua yang over protective, sedikit salah pada anaknya langsung ke sekolah komplain, nilai anak tidak cocok sedikit marah ke guru, itu pun telah mencoreng nama baik anak kita. Mindful Parenting selalu mengedepankan empati dan tidak menghakimi siapa pun.  Mari jagalah sikap kita dan jagalah nama baik anak kita sebaik harapan kita pada anak untuk jaga nama baik orangtuanya.

Kita salah sebelumnya? Lupakan!!!
Ubahlah sekarang.
Smile
Melly Kiong

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>