Tidak jarang dari kita masih ragu harus bagaimana sebagai orangtua dalam memutuskan sekolah yang akan dipilih untuk anak-anak kita. Mindful Parenting merekomendasikan pilihlah sekolah yang terdekat dari rumah, mengapa demikian? karena mulai dari anak bangun tidur, cara orgtua membangunkan mereka itu stress sudah dimulai, belum lagi irama teriakan dipagi hari yang menyakitkan kuping anak, belum lagi perjalanan macet jauh dan masih ngantuk, sampai sekolah telat dapat sanksi. Kebayang anak harus belajar dengan stress yang tak terkendali. belum lagi tekanan harus juara, nilai terbaik…wow bayangin aja aku sudah mumet.
Setuju banget dengan prinsip Guruku Munif Chatib, pilihlah sekolah yang best output, yg membuat anak-anak kita dari tidak bisa apa-apa menjadi bisa, bukan best input yang membawa anak masuk dalam kondisi yang mengharuskan mereka berkompetisi dengan melupakan tahap perkembangan sosialisasinya. Semua orangtua punya alasan untuk memutuskan pilihannya, namun seberapa banyak orang
Ini bukan hal yang sederhana sobaku, dari 300 anak SMP yang saya tanya: “apa cita-citanya mereka?” tidak ada yang berani punya cita-cita, apa alasannya? pasti papa mama saya tidak setuju. Dan coba lihat berapa dari kita orangtua yang sekolahnya bagian apa kerja di bidang apa?
Sobat orangtua, Mindful Parenting mengajak kita untuk memberikan ruang kepada anak untuk didengarkan, dihargai pendapatnya, dan semua itu bisa terlaksana jika orangtua mau berubah pola asuhnya dengan pola asuh yang berkesadaran. Mindful Parenting mengajak kita berempati atas apa yang dirasakan anak-anak kita, percayalah bonus hubungan yang lebih nyaman akan kita terima.

Sekali lagi sekolah yang dekat akan memberikan peluang kita untuk lebih mengerti kebutuhan anak-anak kita, dan kita bisa mengerti siapa yang sedang bergaul dengan anak-anak kita dan apa yang lagi trend dalam pergaulan mereka. Mari belajar sadar dan selalu kembangkan kesadaran itu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>