Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, Senin lagi ya, semangat yang harus dinyalakan untuk melanjutkan ke hari-hari berikutnya. Perjalanan pulang dari sharing bersama orangtua kemarin membuat saya berpikir tentang anak yang akhirnya membandingkan orangtua dikarenakan orangtua tidak bisa memenuhi keiinginannya. Apa rasanya ya menurut sobat? Pasti tidak enak bukan? Bahkan ada yang sangat marah. Tetapi sadarkah orangtua, berapa banyak orangtua yang telah membanding-bandingkan anaknya tanpa memikirkan bagaimana perasaan anaknya? 
Namun pagi ini saya coba membahas bagaimana orangtua sebaiknya dalam bersikap sehingga tidak dibanding-bandingkan oleh anak.



  1. Bangunlah komunikasi dua arah yang baik dalam segala situasi, jika kemampuan kita tidak sanggup memenuhi permintaan anak jujurlah padanya dan tegas serta bijaksana. Jangan sampai memenuhi permintaan anak dikarenakan kasihan.
  2. Punya prinsip yang jelas, jika tidak katakan tidak dan apa alasannya yang jelas.
  3. Semua yang kita berikan kepada anak pikirkan resiko jauh ke depan, jika kasih apa risikonya dan jika tidak apa risikonya. 
  4. Orangtua perlu selalu eling memperbaiki diri dan sensitif dengan standar kualitas yang diinginkan anak dengan bijaksana, niscaya kita akan jadi orangtua yang membanggakan mereka.
Bagaimana sih standar yang diinginkan, yuk hari ini jadikan PR kita bersama untuk mendengarkan suara mereka, jika mereka bangga maka kita jadikan itu sebagai semangat untuk terus introspeksi diri.  Atau jangan-jangan nilainya negatif semua? Tenang…. eMKa Land adalah solusi buat kita semua belajar memperbaiki diri dan lupakan yang sebelumnya walaupun sejam yang lalu.
Jika orangtua mau merendahkan hati untuk belajar menjadi orangtua yang baik, maka akan lahir anak-anak masa depan yang lebih bahagia.
Mindful Parenting??? Generasi anak Indonesia yang berkualitas.

Semangat pagi

Smile
Melly Kiong @mellykiong
NB: Bagi yang baru bergabung kunjungilah blog emkaland, supaya bisa belajar dari awal.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>