Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia kita jumpa kembali di “Teras Melly Kiong.”
Gara-gara habis libur, hari ini pasti banyak yang mengira ini hari Senin. Begitu juga saya.
Dari pengamatan saya beberapa hari ini, gaya bicara dari anak-anak memang terjadi pergeseran nilai sopan santunnya, menjadi lebih kasar namun sepertinya mereka tidak tahu bahwa apa yang mereka lakukan itu salah. Dan setelah saya ajak bicara apakah mereka tahu arti kata yang mereka keluarkan? Dan dari mana mereka dapat kata-kata itu, jawabnya dari teman-temannya dan tahu artinya. 
Apakah pergeseran nilai sopan santun dalam bertutur kata anak-anak masa kini dianggap hal yang biasa??? Pertanyaannya di mana orangtuanya berperan? Apakah orangtua tahu apa yang terjadi pada anak-anaknya? Atau orangtua tahu dan menganggap lingkungan yang telah menjadikan anak-anaknya seperti itu? Jika kita semua hanya menunggu kondisi membaik, maka itu akan jadi penantian yang selamanya akan sia-sia. 
Jika kita tahu itu adalah lingkungan anak-anak, bagaimana kita coba perbaiki dari anak kita masing-masing, coba ambil kata “bodoh” menurut anak kita bodoh kata yang baik tidak artinya? Apakah anak kita mau dibilang bodoh? Jika tidak mengajari dia untuk tidak menggunakannya.  Ajarilah anak, mana yang baik dan mana yang tidak, mana yang boleh dan mana yang tidak sejak kecil. Jangan buang energi dengan membenarkan diri dan menyalahkan lingkungan.
Mindful Parenting kita belajar menjadi orangtua yang tidak menghakimi diri sendiri dan anak, melainkan selalu eling dalam memperbaiki diri, berhentilah menyalahkan yang di luar.
Baru saja baca Kompas, betapa rentannya psikologis manusia sekarang terhadap kondisi hidup yang semakin keras.
Mari bantu anak-anak kita membangun saringan yang berkualitas dalam dirinya sendiri,
Sehingga mereka mampu menjaga dirinya.
Di eMKa Land kita selalu berusaha menjadi orangtua yang lebih sensitif untuk memperbaiki kualitas diri.

Semangat Pagi 
Smile
Melly Kiong
@mellykiong

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>