Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, pagi ini “Teras Melly Kiong ” berada di kota kecil dan tempat terpencil di dalam hutan yang asri dan masih ada suara air gunung alami, kicauan burung berseri seri + susu hangat.

Sobat, banyak dari kita yang anak-anaknya sedang dan akan mengikuti ujian bukan? Begitu juga Matthew. Ada rasa bersalah tidak bisa mendampinginya tetapi untung ada alat komunikasi yang sangat membantu. Jujur tidak mungkin ada orangtua yang tidak khawatir, tetapi dengan kekhawatiran yang berlebih juga tidak baik lho. 
Apa yang sebaiknya kita lakukan? Berikan anak-anak semangat bahwa mereka bisa, berikan kesempatan kepada mereka untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab, serta yang terpenting adalah hargai apa pun usahanya dan bagaimanapun pencapaiannya kita selalu di belakang mendukung mereka. 
Jika orangtua bisa bersikap demikian pasti akan sangat mengurangi ketegangan mereka, karena bagaimanapun mereka pasti juga beban walaupun bagaimana cueknya seorang anak.
Usahakan orangtua rileks, tidak terlalu memaksakan kehendak dengan pencapaian target yang berlebihan, karena kondisi demikian sebenarnya malah membuat anak terbebani, berempatilah dengan mereka dan rasakan apa yang mereka rasakan.

Percayalah mereka pasti mau berusaha dan akan berusaha dengan lebih baik jika dalam kondisi yang reileks dan penuh pengertian dari orangtuanya. Sadarilah bahwa kesuksesan seseorang bukan semata-mata karena keberhasilan di sisi akademiknya.
Mindful Parenting mengajak orangtua untuk selalu mengedepankan empati


Salam
Smile
Melly Kiong

Ketika kita bisa merasakan apa yang orang lain perbuat untuk kita, maka di situ ada dua cara kita bertindak, sama atau lebih baik.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>