Pagi sobat eMKa Land yang bahagia, cuaca agak mendung kelihatannya tetapi tetap semangat ‘kan? “Teras Melly Kiong ” sudah kembali ke asal dengan teh yang khas + dodol duren khas Singkawang katanya terenak di dunia lho :D.

Masih terasa bahagia yang luar biasa dengan sobat eMKa Land yang di Pontianak, rasanya tidak cukup waktu di sana. Ada pertanyaan sobat eMKa Land di sana, bagaimana mengatasi mentalitas anak yang sudah sangat rajin belajar tanpa perlu disuruh, juara terus tetapi sangat takut tampil ke depan? Bingung ‘kan mau jawabnya?

Wahai orangtua, rasanya tidak bisa deh kita mengharapkan anak perfect sesuai yang kita inginkan. Mereka manusia lho, bukan robot yang bisa kita setel sesuai dengan keinginan kita. Kalau orangtua sadari tanpa dia harus tampil ke depan anak itu sudah menunjukkan prestasi terdepan bukan? 
Kenali bakat anak kita juga, jika dia mau belajar terus artinya dia memang tidak nyaman dengan hal yang bersifat di luar. Mungkin dia adalah pemakai otak kiri yang lebih senang di belakang layar, jadi jangan paksakan dia harus berada di panggung karena itu akan sangat menyiksa anak.

Mindful Parenting mengajak kita mendengar dan mengenali anak kita dengan baik, beri ruang kepada mereka untuk menjadi diri mereka sendiri.
Jika orangtua bisa melakukannya maka akan lahir anak-anak yang bahagia.
Cobalah jadi anak-anak, dan rasakan apa yang mereka rasakan atau mau ditukar dengan orangtua lain yang anaknya tidak mau belajar?  Mungkin seru kali ya kita bikin ajang pertukaran anak di eMKa Land… he he he


Salam smile
Melly Kiong
@mellykiong

Tidak mengharapkan sesuatu yang belum ada dan syukuri yang sudah kita nikmati adalah kebijaksanaan dasar yang sederhana.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>