Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, salam damai dari “Teras Melly Kiong ” kali ini tamunya anak-anak keponakan yang nginap, dan sudah coba tanya, apakah mereka tahu siapa itu RA Kartini? Jawabannya adalah pejuang wanita yg membuat wanita bisa belajar.
Pertanyaan Andries sobat eMKa Land menjadi menarik untuk dibahas di Hari Kartini ini dan sekaligus saya jadikan judul.


Emansipasi bukan hanya sekedar persamaan hak antara pria dan wanita, bahwa apa yang bisa dilakukan oleh pria juga bisa dilakukan oleh wanita. Namun dari buku yang saya dapatkan dari Bpk. Doed Josoef yang sudah berumur 37 tahun, yang berjudul 1 abadnya RA Kartini, sesungguhnya yang diperjuangkan oleh RA Kartini adalah kemampuan seorang wanita dalam mengambil keputusan, untuk bisa mengambil keputusan wanita itu harus cerdas dan bagaimana seorang wanita bisa cerdas? Wanita harus berpendidikan. Jadi kesetaraan hak antara wanita dengan pria dalam mengenyam dunia pendidikan itulah yang diperjuangkan, sampai beliau bersedia dipingit mengorbankan kebebasan masa mudanya.
Karena beliau sangat yakin kemampuan wanita dalam mengambil keputusanlah yang menentukan tingkat kebebasan wanita.

Beliau bukan pemimpin yang memimpin sepasukan gerilyawati untuk melawan tentara kolonial, namun buah pemikirannya yang sangat hidup tergambar dalam surat-suratnya yang ditulis, bagaimana kepentingan kesempatan pendidikan untuk kaum wanita yang sejalan dengan program UNESCO, betul-betul ide yang sangat mengagumkan yang sudah dicetuskan beliau pada usia yang sangat belia.
Karena RA Kartini sekarang kita kaum wanita bisa membaca, bisa berkarya dan punya kesempatan yang begitu luas untuk mengisi hidup kita dengan pilihan yang terpampang luas. 
Apakah kita masih berani pertanyakan bahwa RA Kartini benar sebagai Pahlawan???
Di pundak seorang wanitalah kualitas bangsa akan menjadi kuat.

Ayo wanita berterima kasihlah kepada RA Kartini dan nyalakan api semangatnya dalam diri kita masing-maisng dan gapailah kebebasan dengan mengisi kisi-kisi hidup melalui pendidikan.

Selamat Hari Kartini kaumku
Smile
Melly Kiong

Renungkan, rasakan, dan jalankan.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>