Selamat malam sobat eMKa Land, seperti biasa jika ada hal yang baik dan sesuai dengan momen yang saya anggap tepat, sering rasa ketidaksabaran itu muncul seiring dengan keinginan berbagi yang begitu kuat melekat.
Banyak yang bertanya siapa ibu Parwati itu yang ada di propic saya? Jujur kata saya tidak banyak tahu siapakah beliau? Karena saya hanya mengenal beliau dari jarak jauh dan mendengar suara pelannya yang merasuk dalam kalbu dengan getaran kebijaksanaan dan kesederhanaan yang memukau.
Dari ceritanya beliau yang selalu mempertahankan fondasi kesederhanaan dalam hidup dan cinta budaya yang beliau praktikkan dengan sangat luar biasa sungguh membuat saya memutuskan bahwa tahun ini beliau adalah sosok Kartini yang pantas dan sangat pantas diteladani oleh warga eMKa Land.

Keteladanannya dalam mempertahankan budaya dengan mengenakan busana kebaya encim tanpa takut terlindas mode, dalam usia 81 tahun, masih menjadi dosen dan tetap naik angkot sungguh membuat saya yang mendengarnya sangat takjub. Sedangkan mahasiswa yang mengendarai motor yang lebih keren saja sering terlambat.

Beliau bercerita bagaimana peran ibundanya yang selalu mengharapkan dia bisa menjadi wanita yang lebih bermartabat dengan mengirimkan beliau sekolah di luar, toh tidak membuat beliau harus terkontaminasi dengan budaya barat. Beliau telah memperlihatkan dengan sempurna bahwa sebenarnya bukan pengaruh luar yang lebih kuat melainkan penanaman cinta akan budaya bangsa yang akan memagari seseorang dari pengaruh budaya barat.

Himbauan beliau adalah semua pihak baik dunia pendidikan maupun dunia keagamaan yang punya potensi memperkenalkan budaya khususnya seni kepada anak-anak agar bisa lebih aktif melakukan sesuatu sebelum budaya timur yang semakin memudar karena lintasan barat yang ganas.
Mari kita belajar dan terus belajar melakukan perbaiki dari dalam diri kita melalui segala arah yang bisa kita ambil hikmahnya.

Terima kasih kepada Bu Parwati yang telah sudi menjadi teladan kami, wanita masa kita.
Salam Kartini
Melly Kiong

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>