Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, walaupun harus terburu-buru, namun karena rasa tanggung jawab dengan “Teras Melly Kiong” saya tetap menyeduhkan ilmu dalam cangkir teh nan hangat.
Masih terasa kebahagiaan semalaman karena semua sobat yang waras tertawa terbahak-bahak… Saya tidak bilang yang tidak tertawa tidak waras ya… he he he.
Kemarin sungguh hari membahagiakan, karena saya diberikan kesempatan sharing bersama mahasiswa Trisakti oleh sobat kita dosen Melanie, bingung ‘kan parenting dikaitkan dengan jurusan design? Ternyata tidak, setidaknya sharing dengan mereka bagaimana membangun generasi mindful yang penuh kesadaran mengubah yang tidak baik dan mempertahankan yang baik di masa muda mereka, kita yakin mereka adalah pewaris indah bagi bangsa ini 10 tahun ke depan. Mereka adalah calon orangtua pendidik generasi emas 20 tahun yang akan datang.

Walaupun bahagia, tetap ada tersisa rasa pilu di akhir acara ketika seorang mahasiswa yang merasa buntu berkomunikasi dengan orangtua yang tidak bisa mendengarkan. Bagaimana komunikasi satu arah yang diterima, membuat mahasiswa itu memendam rasa yang berakibat pada kesehatannya. 
Wahai orangtua yang ada di eMKa Land, mari jadikan jeritan anak itu sebagai alarm bagi diri kita, bukalah hati dan telinga buat anak-anak kita bersuara dan hargai pendapatnya. Mari bangun hubungan yang nyaman sehingga anak-anak kita tidak mencari solusi di luar. Berempatilah dengan mereka. Jadilah orang pertama yang mengetahui permasalahannya.

Saya bisa merasakan apa yang dirasakan anak itu, dan yang bisa saya lakukan adalah memberi empati dan mengajaknya untuk menyadari bahwa dia juga harus berempati bagaimana menjadi orangtuanya sekarang ini. Semua tidak mudah, tetapi kita harus mencobanya.
Semakin yakin jika orangtua mempraktekkan Mindful Parenting dengan baik hasilnya akan sangat indah.
Salam smile
Melly Kiong

Empati adalah kunci kebijaksanaan yang tidak bisa dibeli namun hanya bisa digali ke dalam diri.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>