Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, selamat berhari Minggu bersama keluarga, saya pribadi mengucapkan terima kasih dari lubuk hati terdalam atas ucapan selamat “Waisak ” yang tak henti-hentinya dari semua sahabat-sahabat saya dari seluruh Indonesia. Damai dan bahagialah bersama di bumi ini.

Saya jadi ingat beberapa kasus ibu yang mengemukakan emosinya terhadap anak ketika dia merasa harus sendirian mengurus anak karena suami ada di luar kota. Memang bukan hal yang mudah bagi saya untuk memberikan solusi secara teori belaka, karena saya tidak dalam posisi tersebut. Namun kondisi inilah kita butuhnya sahabat, butuh komunitas positif yang bisa kita jadikan tempat sharing yang bermanfaat.


Jika antara suami istri harus menghitung berapa besar peran masing-masing maka kita akan selalu membanding-bandingkan dan pasti ada pihak yang merasa tidak adil. Padahal jika kita berempati pasti juga tidak gampang ketika kita memposisikan diri menjadi suami kita. Apakah kita yakin dia tidak merasa rindu sama anak-anak yang dicintainya, apalagi dia mendengar pengaduan anak-anaknya yang diperlakukan tidak nyaman sama ibunya?

Satu yang saya tanyakan adalah “Seorang ibu mana yang lebih berarti dalam hidupnya? punya anak atau tidak punya anak? Jawabannya bisa dijawab masing-masing.

Memang kita semua harus mengakui bahwa mengendalikan emosi sungguh bukan hal yang gampang, namun dengan Mindful Parenting, kita diajak untuk melihat rekaman yang telah kita lakukan terhadap anak kita dengan memindahkan diri kita ke posisi mereka, apakah kita bahagia sebagai anak memiliki orangtua seperti diri kita? Jika tidak, cobalah untuk berubah.

Tak ada yang mustahil dalam eMKa Land, mari terus belajar berubah dengan sadar demi anak-anak kita, demi kebahagiaan bersama.
Selamat libur,
Melly kiong

“Tidak berharap orang lain melakukan sesuatu buat kita, adalah proteksi rasa kecewa yang menghampiri.”

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>