Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, sehat dan pastinya tetap semangat bukan? “Teras Melly Kiong” selalu berusaha menyeduh teh ilmu hasil saringan yang pantas untuk disuguhkan.

Permasalahan yang dihadapi oleh sobat kita Amy bukan persoalan dia sendiri tapi ini pasti banyak yang merasakannya. Sering kita merasa anak di rumah sudah kita didik dengan baik tetapi begitu keluar dia cepat terpengaruh dengan lingkungan dia bergaul.

Pertanyaannya apakah kita yakin yang kita rasakan itu sudah pasti betul? Jika anak-anak sudah tahu mana yang baik dan mana yang buruk seharusnya tidak gampang terpengaruh ke mana pun dia pergi. 
Apakah anak hanya melakukan apa pun bukan karena kesadaran namun dibuat seperti semua teratur karena perintah? Dibuat teratur karena ketakutan? Coba periksa ulang.

Kalaupun terjadi hal yang memang terpengaruh dan itu salah menurut kita, jangan kita yang kasih penilaian, melainkan libatkan anak kita. Jangan langsung menghakiminya melainkan ajak dia untuk menilai kembali, misalnya bicara kotor, menurut dia apakah itu benar? Baik? Tangung jawab dia, jika dia tahu itu tidak baik, mengapa dia lakukan? Artinya dia tidak bisa bergaul dengan baik dan lain kali kita tidak akan berikan kesempatan kepada dia untuk main keluar (misalnya, atau minta dia janji).

Selalu eling melihat sumber masalah ke dalam terlebih dahulu, karena itu yang bisa kita ubah, dan percayalah kita akan sia-sia jika mengharapkan pihak luar apalagi lingkungan untuk mengikuti apa yang kita inginkan.
Mindful Parenting adalah jalan untuk kita terus mengembangkan kualitas orangtua Indonesia.
Ayo bangun komunitas eMKa Land jadi komunitas terdepan dan berkualitas.
Smile
Melly Kiong

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>