Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, semangat Senin harus disambut dengan baik karena Senin adalah pembuka hari-hari berikutnya. “Teras Melly Kiong” selalu semangat menyeduhkan teh ilmu bermanfaat bagi kita semua.

Ada rasa haru ketika aku mendengarkan sharing dari seorang anak remaja tentang bagaimana rasanya dia diperlakukan, bagaimana dia tidak didengarkan dan bagaimana rasanya selalu dibanding-bandingkan. Ada rasa putus asa dalam suaranya, namun ada rasa lega ketika dia selesai mengeluarkan uneg-unegnya. 
Saya ajak dia berdialog, apakah dia pernah mengutarakan kepada orangtuanya? Jawabannya tidak, karena bagi dia percuma. Sungguh memprihatinkan, namun inilah potret nyata orangtua yang membangun menara dengan segala gambaran arsitekturnya yang tidak melibatkan anak karena tidak ada komunikasi dua arah yang terbangun. 
Ternyata benar adanya ketika saya sudah ngobrol dengan mamanya, maksud tujuannya sangat baik, walaupun anak hanya satu, dia tidak mau mendidiknya dengan manja, dia menyadari betapa bertindak cepat itu penting, sedangkan anaknya yang sangat lelet itu perlu dipacu. Dan dia selalu mengharapkan anaknya punya prestasi lebih baik karena itu demi masa depannya.

Betapa sayangnya, niat begitu baik dari orangtua tidak tersampaikan ke anak hanya karena masalah komunikasi dan jatuhnya bukan membuat anak menjadi lebih baik bahkan bisa berakibat fatal. 
Saya hanya menitipkan pesan ke anak itu agar cari waktu yang tepat minta kesempatan untuk bicara dengan orangtuanya, dan ke orangtuanya agar lebih mau mendengar dengan penuh empati. Dan yakinlah akan menemukan jalan keluar yang sangat indah.

Mindful Parenting selalu mengedepankan proses alami yang eling/sadar yang ditumbuhkan ketika kita berempati, mencoba pindah ke tempat lawan bicara kita, maka kita akan mengetahui apa yang dirasakan.
Yuk selalu hidupkan chip empati yang sudah kita tanamkan.
Selamat pagi,
Smile
Melly Kiong

“Komunikasi yang baik hanya butuh kerendahan hati kedua belah pihak untuk saling menghargai.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>