Selamat pagi sobat eMKa Land yang bahagia, hujan nggak? “Teras Melly Kiong ” walaupun basah tetap nyeduh teh, enak ‘kan dingin-dingin minum teh hangat.

Pertanyaan yang klasik ‘kan dari judulnya? Padahal ada pepatah yang mengatakan bisa karena biasa.
Semua anak jika semakin diberi kesempatan maka dia akan semakin mandiri. Semakin sedikit dia bisa dapat pelayanan, maka semakin banyak kesempatan dia belajar mencari solusi sendiri.

Sedehana ‘kan? Sekarang pertanyaannya, apakah orangtua memberikan anak-anak kesempatan? Apakah lingkungan memberikan kesempatan? Itu saja…
Sekarang ini banyak teman-teman yang sulit cari asisten rumah tangga, akhirnya mereka dengan sangat terpaksa harus meninggalkan anaknya untuk melakukan banyak hal yang awalnya sulit, tetapi setelah terbiasa malah sekarang mereka nyaman dengan tidak ada asisten.

Kalau anak saya mulai SD kelas 3 sudah dilepas, apapun hasilnya itu adalah usahanya yang kami hargai, berapa pun ranking-nya itu selalu kami puji, kalau dia dihukum guru, kami berterima kasih, jika dia harus main kami berikan kesempatan namun bertanggung jawab. Sekali lagi, berikan mereka kesempatan untuk berpikir dan memutuskan, dan di situlah kemandirian akan bertumbuh.


Mudah ‘kan? Yuk coba, lepaskan ego kita sebagai orangtua atas apa yang kita mau. Tetapi bekali mereka untuk menentukan apa yang mereka mau dan mereka tahu bagaimana cara mencarinya. Jadilah juri yang memberikan masukan supaya mereka bisa tampil memukau di final kehidupan mereka.

Salam smile 
Melly Kiong

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>