Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, Senin semangat dari “Teras Melly Kiong” hadir di Pontianak, kali ini ditemani kopi pancung.

Hampir setiap hari saya mendapati orangtua yang mengeluhkan anak-anaknya yang tidak mengerti tentang tanggung jawabnya dalam belajar dll. Sepertinya orangtua merasa sudah memberikan pendidikan tanggung jawab kepada anak-anaknya dengan sangat baik, tetapi kenapa bisa tidak punya tanggung jawab?
Pertanyaan yang hanya bisa dijawab orangtua masing-masing.

Sederhana saja, bagaimana anak mengerti untuk bertanggung jawab terhadap nilainya yang kurang dan harus diperbaiki karena anak tidak pernah punya kesempatan untuk tahu bagaimana nilai jelek karena tidak belajar?
Coba lihat orangtua selalu menyiapkan anak-anak untuk belajar dan dapat nilai baik, sang orangtua bangga dengan nilai hasil belajar karena bantuan. Bahkan anak terkesan tidak mampu mandiri.
Padahal jika anak diberi kesempatan menikmati alarm alamiahnya, maka percayalah ketika masuk usia remaja, mereka tidak akan mau lari-lari ataupun melakukan hal yang kekanak-kanakan seiring dengan bentuk badan dan warna suara yang berbeda.

So orangtua kembalikanlah hak anak untuk menikmati masa kecilnya dan biarkan alarm alamiah itu bekerja, dan lupakan buat anak-anak karbitan yang hanya membanggakan sementara.

Yuk, kita coba bersama dan mindful parenting mengajak kita berempati.

Smile
Melly kiong
www.menatakeluarga.com

“Alarm Alamiah selalu datang sesuai sesuai waktunya “

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>