Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat senin semangat semangat baru memasuki minggu baru.

Teras “MellyKiong” selalu berusaha menyeduhkan teh yang berkualitas.

Dua hari ini pertanyaan orangtua sama sepertinya, kenapa anaknya dibedakan sama teman-temannya.

“kamu kurang pinter sih”, “kok pakai bajunya bukan merek ini”, “tasmu murahan” ….. kebayang?

Yes, saya sudah bisa menebak anak pertama selalu jadi rangking, anak kedua dan ketiga sudah terbiasa pakai barang bermerk.

Bukan salah anak-anakkan ? Semua yang dilakukan anak adalah merekam dari apa yang dilakukan orangtua. Bahkan saya sampai tersedak ketika teman mengatakan kalau kaos anaknya harganya Rp. 2.900.000.

Masih bisa diubah? Walaupun terlambat harusnya boleh dicoba. Jangan bosan memberikan penjelasan kepada anak bagaimana kondisi ekonomi sekarang, bagaimana usaha orangtua ataupun pekerjaan orangtua, bukan untuk membuat anak stress, tetapi menurut saya anak diajarkan untuk bisa melihat yang sebenarnya.

Kalaupun kasih uang jajan jelaskan, pos-pos yang harus dikeluarkan setiap bulan tidak usah terlalu detail. Kalaupun memberikan pakaian ajak anak bicara tentang kenyamanan bukan melihat merk. Rasa percaya diri dan dihargai bukan dari benda yang kita pakai, melainkan kelebihan sikap dan kepribadian yang lebih penting.

Ajak anak untuk diskusi mana yang perlu dan yang tidak, mana yang baik dan tidak.jika mereka dapat penjelasan yang dia mengerti, maka akan lebih membangkitkan rasa percaya diri dari dalam.

Yuk coba dan coba.

Smile

Melly Kiong

www.menatakeluarga.com

www.emkaland.blogspot.com

“Harga diri bukan dinilai dari barang yang kita pakai, tetapi lebih terlihat dari bagaimana cara kita membawa diri”

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>