Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat selasa, semakin putus asa? Jangan dong, untuk itulah ada teras “MellyKiong”

Kadang orangtua merasa kalau anaknya ribut dengan anak lain, supaya terlihat mendidik anaknya dimarahi juga.

Harus tahu dulu permasalahannya. Dan saya mau angkat kasus anak yang merasa perlu membela ibunya yang dirasa diperlakukan dengan tidak adil. Tatapi sampai dirumah anaknya tetap dimarahi ibunya, tidak fair bukan? 

Bagaimana kalau pakai cara ini: “nak, terimakasih sudah memperlihatkan cintamu pada ibu. Manurut kamu dengan mengejek orangtua apakah itu hal yang baik? Jika tidak jangan lakukan apa yang tidak baik nak, kalau orang itu melakukan perbuatan yang tidak baik dan tidak direspon lama lama orang itu juga bosan”

Menurut sobat lebih baik tidak dibanding dengan: ” kamu kenapa sih ikut ikutan? Memang mama ngajarin kamu ngatain orangtua lain gitu? Itu tidak baik, tahu tidak? Bikin mama malu saja, blablabla” 

Pilihan ada pada kita, dan mindful parenting benar benar sangat bermanfaat untuk mengajak orangtua mendengarkan dan tidak menghakimi maka kita akan sangat bisa mengendalikan emosi.

Mari, berhentilah pakai gaya lama dalam mendidik. Kita coba dengan gaya baru yang lebih mengedepankan empati.

Salam

Smile

Melly Kiong

www.menatakeluarga.com

www.emkaland.blogspot.com

“Marah bukan satu satunya solusi yang membuat anak kita mengerti, justru bisa sebaliknya menutup pintu peduli mereka kepada kita dan sesama”

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>