Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Jumat ceria dan bantu doa ya,semoga shooting di Kompas TV berjalan dengan baik dan mampu berbagi dengan masyarakat semakin luas.
Teras “mellykiong” selalu ingin belajar dan berbagi.

Pertanyaan seorang ibu diacara seminar saya cukup menggelitik. Apakah memberikan reward kepada anak anak tidak akan membuat anak jadi konsumtif atau pamrih?Harus ada sesuatu baru mau kerjakan tugas dll.
Ya…jika kita tidak imbangi dengan bijaksana.
Permulaannya harus kita pikirkan bukan dari barang saja. Reward bisa juga berupa pelukan, dan hadiah tidak selalu harus yang mahal. Ditambah lagi kita perlu menyisipkan nilai2 awarenes didalamnya.
Jadi anak benar2 mengerti nilai perjuangannya yang kita bangunkan, bukan tujuan akhir yang mereka dapatkan.
Cth: ketika saya memberlakukan stikering buat Julian, saya jelaskan kalau mama papa kerja,tidak bisa setiap saat belikan dia mainan. Jadi bagaimana kita berusaha.Dan akhirnya nilai usaha itu yang selalu tertanam, bukan mainan akhirnya.

Yuk coba lagi, kalau perlu anak lebih sering diajak melihat kondisi nyata, bagaimana anak pemulung yang tidak mudah hidupnya dll.

Sumber pembelajaran akan kaya jika kita terus bertanya, dan berbagi.

Smile
Melly Kiong

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>