Siapakah Melly Kiong?

Melly Amala Kiong yang lahir dan dibesarkan di Singkawang, Kalimantan Barat merupakan seorang bungsu dari tujuh bersaudara. Dibesarkan oleh seorang ibu dalam keluarga single parent karena ayahnya yang meninggal saat dirinya masih bayi, Ibu Melly merasa kagum akan Ibunya yang mampu mengisi kebutuhan seorang ayah dan ibu dalam rumah tangga ditengah kesibukan kerja untuk menafkahi keluarga.

Melihat inilah Ibu Melly berprinsip bahwa orangtua, tidak hanya wanita, harus mampu berkarir namun dengan tetap mengedepankan pendidikan anak-anak tidak semata mengandalkan sekolah dan lingkungan. Untuk mendidik dengan baik, Ibu Melly berpendapat bahwa orangtua harus menunjukkan rasa sayangnya pada anak namun dengan cara yang tidak memanjakan. Dari sinilah Ibu Melly kemudian menemukan Mindful Parenting.

Mindful Parenting dengan 5 dimensinya dirasa Ibu Melly merupakan sebuah rumus baik yang menerapkan semua hal yang Ibu Melly inginkan untuk orangtua dalam mengasuh anaknya. Ibu Melly pun menerapkan Mindful Parenting ini dalam mengasuh kedua putranya dan dengan hasil yang sangat positif. Berbekal pengalamannya dengan kedua anaknya, Ibu Melly pun mulai membagikan ilmunya kepada orangtua lain yang diluar dugaan masih banyak yang belum tahu cara mendidik anak dengan baik.

Inilah awal mula tercetusnya komunitas Menata Keluarga (eMKa), keinginan seorang Melly Kiong untuk berkontribusi kepada masyarakat lewat caranya menjadi seorang Ibu. Kini, komunitas eMKa sudah memiliki lebih dari 3000 anggota yang tersebar di 11 kota di Indonesia yang terus bertumbuh. Selain itu, Ibu Melly pun telah menerbitkan banyak buku yang menceritakan dan menginspirasi para orangtua untuk mau belajar dan berkomunikasi dengan anak-anaknya demi generasi muda yang lebih baik. Sebab sukses dimata Melly Kiong bukan hanya dari segi akademik namun juga pembekalan karakter karena itulah tujuan dari pendidikan dalam keluarga.